Selasa, 05 Juni 2012

Cara Kerja Instalasi Mesin Kulkas

Setelah ke dalam kompresor diisi gas freon , maka gas itu dapat dikeluarkan kembali dari silinder oleh kompresor untuk diteruskan ke kondensor, setelah itu menuju saringan, setelah itu menuju ke pipa kapiler dan akan mengalami penahanan. Adanya penahanan ini akan menimbulkan suatu tekanan di dalam pipa kondensor. Sebagai akibatnya gas tersebut menjadi cairan di dalam pipa kondensor. Dari pipa kapiler cairan tersebut terus ke evaporator dan terus menguap untuk menyerap panas. Setelah menjadi gas terus dihisap lagi ke kompresor. Demilian siklus kembali terulang.

Bagian-bagian Mesin Pendingin

·        Akumulator
·         Evaporator
·         Pipa kapiler
·         Kondensor
·         Kompresor
·         Pengering (DRIER)
·         Saluran Hisap
·         Saringan
·         Kran ekspansi
·         Bahan pendingin (Freon)

Tips merawat kulkas
  1. Peletakan kulkas jangan terlalu menempel pada dinding berilah jarak minimal 10-15 cm
  2. Penempatan kulkas jangan di tempat yang terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya letakan di tempat yang sejuk.
  3. Masukan barang - barang secukupnya agar beban kerja kompresor tidak berat jangan memasukan barang terlalu berlebihan.
  4. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama
  5. Setting temperatur kulkas sesuai kebutuhan
  6. Bersihkan kulkas secara rutin baik bagian dalam kulkas juga bagian luarnya, jangan membersihkan bunga es pada pada frezzer nya dengan benda tajam cukup tekan tombol defroze saja lama kelamaan es akan mencair (buat yang kulkas satu pintu).
  7. Jangan menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.

1 komentar: