Kamis, 07 Juni 2012

Coulomb Law's


Charles-Augustin De Coulomb yang lahir tahun 1736 adalah seorang ilmuwan Perancis yang diabadikan namanya untuk satuan listrik untuk menghormati penelitian penting yang telah dilakukan oleh ilmuan ini. Coulomb berasal dari keluarga bangsawan yang berpengaruh hingga pendidikannya terjamin. Ia berbakat besar dalam bidang matematika dan belajar teknik untuk menjadi korps ahli teknik kerajaan. Setelah bertugas di Martinique selama bebrapa tahun ia kembali ke paris dan di tahun 1779 terpilih menjadi anggota akademi ilmiah di tahun 1781 dan ia meniggal pada tahun 1806.
            Bunyi Hukum Coulomb:
“Gaya yang dilakukan oleh suatu muatan titik pada muatan titik lainnya bekerja sepanjang garis yang menghubungkan kedua muatan tersebut. Besarnya hukum coulomb berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan dan bebanding lurus dengan hasil kali muatan. Gaya bersifat tolak-menolak jika kedua muatan mempunyai tanda yang sama dan tarik-menarik jika tandanya berbeda”
Hukum Coulomb dapat dinyatakan dalam bentuk yang lebih sederhana dengan menggunakan pernyataan matematis. Andaikan q1 dan q2 merupakan dua muatan titik yang terpisah sejauh r12, yang merupakan besar vektor r12 yang mengarah dari q1 dan q2.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar