Rabu, 06 Juni 2012

Susunan Hambatan Listrik

Rangkaian seri adalah dua hambatan atau lebih yang disusun secara berurutan, dimana tujuan rangkaian seri ini adalah untuk memperbesar nilai hambatan listrik dan membagi beda potensial dari sumber tegangan. Dalam rangkaian seri arus yang melewati suatu suatu cabang sama besar dengan elemen-elemen yang tersusun seri. Pada rangkaian ini daya yang diberikan oleh sumber sama dengan daya yang diserap oleh tahanan. Akan tetapi tegangan total pada rangkain seri ditentukan dengan adanya penjumlahan sumber dengan polaritas yang sama dan pengurangan  sumber dengan polaritas yang berlainan. Pada rangkaian seri, pembagian tegangan.
  1. Tegangan pada elemen penghambat akan terbagi sebesar harga hambatan.
  2. Jumlah jatuh tegangan pada tahanan seri akan sama dengan tegangan yang dipakai. Aturannya pembagi bagian tegangan yang menyatakan bahwa tegangan pada sebuah tahanan dalam rangkaian seri adalah sama dengan harga tahanan tersebut, lalu dikalikan dengan tegangan total yang digunakan pada elemen seri dan dibagikan dengan hambatan seri total pada elemen.
Rangkaian paralel merupakan rangkaian yang memiliki dua hambatan atau lebih yang disusun secara berdampingan, dimana rangkaian paralel ini berfungsi untuk membagi arus listrik. Dan yang telah kita ketahui jika kita memutuskan salah satu lampu pada rangkaian paralel maka lampu yang lain masih tetap menyala dan lampu yang tidak mati pada rangkaian ini malahan lebih terang dari sebelumnya. Aturan pad apembagian arus rangkaian paralel apabila dua elemen seajjar yang bernilai sama maka arus yang dibagikanpun sama besar, sebaliknya jika elemen sejajar dengan harga yang berbeda, maka semakin besar arus yang lewat namun hambatan yang diperoleh sangat kecil dan arus mencari lintasan yang memiliki hambatan paling kecil. Sedangkan manfaat rangkaian paralel adalah dapat membagi arus, jika pada rangkaian ini kita memutuskan satu lampu, maka lampu yang lain tidak ikut mati malahan lampu yang masih nyala lebih terang dari sebelumnya. Oleh karena itu banyak kita temukan di rumah-rumah yang komponen listriknya tersusun secara paralel, jika salah satu listrik yang terputus atau rusak, maka listrik yang lain tidak ikut terputus, ini lah kelebihan rangkaian paralel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar